Staco Mandiri tetap tunggu kucuran dana induk perusahaan
Oleh Anggi Oktarinda
Senin, 05 Desember 2011 | 13:29 WIB

JAKARTA: PT Asuransi Staco Mandiri menunggu kepastian induk perusahaan PT Tugu Pratama Indonesia untuk menyuntikan modal sebelum memutuskan menerima suntikan dana dari tiga investor lain.

Ruhari, Presiden Direktur Asuransi Staco Mandiri, mengatakan sudah ada tiga investor yang tertarik menyuntikan dana dan membeli kepemilikan saham perusahaan asuransi kerugian tersebut.

Salah satunya, ujarnya, adalah perusahaan asuransi umum yang memiliki kelebihan modal dan akan ekspansi bisnis pada tahun depan. Perusahaan tersebut, ujarnya, berencana meningkatkan perolehan laba dari hasil underwriting sehingga membidik Staco Mandiri yang memiliki porsi hasil underwriting lebih tinggi dari hasil investasi.

Asuransi Staco Mandiri, perusahaan asuransi kerugian joint venture antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Tugu Pratama Indonesia, membutuhkan tambahan modal sampai dengan Rp25 miliar pada tahun depan agar dapat mendorong pertumbuhan laba serta guna memenuhi ketentuan regulasi soal batas modal minimum per 2012.

Saat ini, ujarnya, posisi modal perusahaan adalah Rp70 miliar yang terdiri dari modal usaha asuransi umum Rp45 miliar dan modal usaha asuransi umum syariah Rp25 miliar.

“Sesuai eraturan Pemerintah No.81/2008, modal minimal usaha asuransi umum sebesar Rp70 miliar pada akhir tahun depan sehingga butuh setidaknya Rp25 miliar. Sudah ada beberapa investor yang berminat, tetapi kami masih menunggu kepastian dari TPI sebagai pemilik sampai akhir tahun,” ujarnya hari ini. (sut)

Baca original source: http://www.bisnis.com/articles/staco-mandiri-tetap-tunggu-kucuran-dana-induk-perusahaan