JAKARTA: PT Asuransi Staco Mandiri berharap IHSG dapat kembali naik ke level 4.000-an agar dapat mendorong perolehan laba bersih menjadi Rp4,5 miliar pada akhir tahun ini.

Dirut Staco Mandiri Ruhari mengatakan indeks harga saham gabungan dan kondisi pasar modal di dalam negeri mempengaruhi perolehan laba pada tahun ini karena sebagian laba perusahaan didapatkan dari hasil investasi.

Dia memaparkan perolehan laba sampai dengan akhir September tahun ini mencapai Rp3 miliar, tumbuh 30% dari Rp2,1 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Sebanyak 50% dari perolehan laba tersebut berasal dari hasil investasi dan 50% lainnya berasal dari hasil underwriting.

"Laba Juli sudah di angka Rp4 miliar. Tapi kemudian turun menjadi Rp3 miliar pada September karena kondisi pasar yang muram," paparnya kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Dia menuturkan sebanyak 20% dari total investasi pada tahun ini Rp60 miliar ditanamkan pada instrumen reksa dana saham.

"Meskipun porsi investasi reksa dana dan saham cukup tinggi, sebagian besar penempatan dana tetap pada portofolio deposito dan pendapatan tetap," katanya.

Dia memaparkan penempatan dana pada instrumen deposito mencapai 51% dari total investasi atau sekitar Rp30,6 miliar dengan imbal hasil 6,5%-7%. Penempatan dana pada instrumen pendapatan tetap (fixed income) sebesar 15% atau sekitar Rp9 miliar dengan imbal hasil 8%-0%.

"Sisanya ditempatkan pada reksadana campuran. Ada 5% pada saham, yaitu saham-saham blue chip," katanya. (tw)

Baca original source: http://www.bisnis.com/articles/staco-mandiri-berharap-ihsg-naik-ke-level-4-dot-000-an